” PENGEMBANGAN DIRI DENGAN ILMU PENGETAHUAN ” “

Piranti kemajuan sekolah tidak bisa dilepaskan begitu saja dari keaktifan siswa dalam dunia pendidikan .mengoptimalkan potensi dalam berbagai kegiatan yang disediakan oleh sekolah seyogyanya bisa digunakan dengan sebaik baiknya. cita cita luhur dunia pendidikan sama sucinya dengan cita cita pembangunan manusia dlam berbagai bidang . bahkan secara default menyitir firman alloh SWT , al-Qur’an surat al-Mujadalah ayat 11 menyebutkan: “…Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat…”.6al-Qur’an juga telah memperingatkan manusia agar mencari ilmu pengetahuan, sebagaimana dalam al-Qur’an surat at-Taubah ayat 122 disebutkan:

7Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya”.

( Tafsir Tarbawi, Pendidikan dalam perspektif Islam )

Pada tulisan ini mengajak warga sekolah untuk terus berjuang untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya dilingkungan smk .

Apa itu ekstra kurikuler ?.. Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada diluar materi wajib sekolah. Tapi sejauhmanakah efektifitasnya dalam memajukan pendidikan siswa? Efektifitas kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan sumbangan pendidikan yang sangat besar pada diri siswa, namun tentu saja harus didasari dengan elemen dasar tujuan pembelajaran, sehingga target pembelajaran dapat dievaluasi dengan baik.

Tujuan pembelajaran adalah suatu rumusan hasil yang diharapkan dari siswa setelah menyelesaikan atau memperoleh pengalaman belajar. tujuan ini begitu penting karena merupakan pedoman untuk mengarahkan kegiatan belajar[1].

Tujuan ini dirumuskan dalam rangka mempermudah si pengajar dalam mendesain program dan kegiatan pengajaran ,mempermudah penilaian dan pengawasan hasil belajar sesuai yang diharapkan dan memberi pedoman bagi siswa dalam menyelesaikan materi dan kegiatan belajarnya. Dan tujuan pengajaran merupakan tujuan intermedier yang paling langsung dalam kegiatan interaksi belajar mengajar di sekolah.

Pemerintah telah menggariskan dasar-dasar tujuan pendidikan dan pengajaran di Indonesia, sebagai pegangan dan sebagai dasar dalam menunaikan tugas kita sebagai pendidik, pembina masyarakat dan bangsa. Tujuan pendidikan dan pengajaran tersebut tertuang dalam Undang-undang No 12 tahun 1954, terutama pasal 3 dan pasal 4 berbunyi sebagai berikut[2]:

Pasal 3: “ tujuan pendidikan dan pengajaran ialah membentuk manusia susila yang cakap dan warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air.

Pasal 4: “ pendidikan dan pengajaran berdasarkan atas asas-asas yang termaktub dalam Pancasila dan UUD Negara Rebublik Indonesia dan atas kebudayaan kebangsaan Indonesia”.

Dari tujuan pembelajaran diatas, diharapkan dalam setiap membangun kegiatan ekstrakurikuler, sekolah mempunyai pijakan yang jelas dan dapat mengarahkan kegiatan ekstrakurkuler dengan tepat.


[1] Sardiman AM, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali Press, 2003), hal. 71

[2] Lihat, M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: Rosda karya, 1998), Hal. 27

Berikut Kegiatan Ekstra Kurikuler yang ada di Lingkungan SMK yang dapat dipilih oleh siswa Khususnya Siswa dilingkungan SMK Maarif NU Tonjong :

1. Pencak Silat

2. KIR ( Kelompok Ilmiah Remaja )

3. Pramuka

4. Teknologi Pengelasan

5. Teknik Sepeda Motor

6. Olah Raga

7. Mengendarai Mobil

8. Sendra Tari

9. Seni Drama Pertunjukan

10. Marching Band

11. Latihan Dasar Kepemimpinan

12. Etc.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s